Retas Sistem Perusahaan, Programmer Asal New York Ditangkap

Berita CSIRT Tim Tanggap Insiden Siber Kota Batam

NEW YORK – Seorang programmer dari daerah Long Island, New York, minggu lalu ditangkap oleh pihak kepolisian atas tuduhan peretasan yang dilakukan terhadap sistem dari sebuah perusahaan manufaktur. Tersangka yang dicurgai ternyata telah bekerja pada perusahaan sejak Januari 2012 bernama Michael Meneses.

Meneses dicurigai karena dahulu dia menjabat sebagai programmer perangkat lunak dan manajer sistem. Jabatan tersebut membuatnya memiliki tanggung jawab dan akses tingkat tinggi pada sistem organisasi, untuk memilih perangkat lunak yang akan digunakan perusahaan untuk membuat bisnis berjalan lebih efisien.

Pada akhir Desember 2011, ia mengundurkan diri dari perusahaan karena tidak senang saat mendengar fakta telah melewati waktu untuk promosi jabatan. Kabarnya, setelah mengundurkan diri dan tidak memiliki akses pada perusahaan, Meneses melakukan kampanye maya selama 3 minggu terhadap perusahaan.

Meneses menyabotase operasi perusahaan, dengan cara mencuri mandat keamanan milik mantan rekan kerjanya dengan bantuan program untuk mencuri username dan password. Dengan menggunakan mandat keamanan, ia memanfaatkan layanan VPN dari rumah dan hotel untuk melanggar jaringan produsen.

Meneses tidak hanya menggunakan akun email milik mantan rekan kerjanya untuk mencegah orang lain mengambil posisi yang telah ditinggalkannya. Programmer ini juga mengubah kalender perusahaan selama satu bulan hingga mengganggu produksi dan operasi keuangan dari perusahaan.

“Kami akan meminta pertanggungjawaban setiap individu yang memanfaatkan kelemahan pada jaringan komputer untuk menyerang orang lain,” ujar Jaksa Amerika Serikat, Loretta Lynch E, seperti dilansir dari Softpedia, Selasa (7/5/2013).

– See more at: http://idsirtii.or.id/news/read/123/1/etas-istem-erusahaan-rogrammer-sal-ew-ork-itangkap#sthash.fg1XNpVZ.dpuf