Jerman & Prancis ‘Jaga Jarak’ dari Internet AS

Berita CSIRT Tim Tanggap Insiden Siber Kota Batam

Jakarta – Bosan dengan isu penyedapan yang kerap dilakukan Amerika Serikat. Pemerintah Jerman dan Perancis kini sepakat untuk mengalihkan lalu lintas internet yang menuju negara adidaya itu.

Jerman dan Perancis benar-benar menanggapi dengan serius isu penyadapan yang dilontarkan Snowden. Hal ini pun kian memanas setelah ada kabar bahwa AS telah menyadap telepon selular salah satu kanselir Jerman, Angela Merkel.

Mendengar kabar tersebut Merkel tak ingin tinggal diam, selain mengirim surat protes atas tindakan tak terpuji itu, ia juga mengajak pemerintah Perancis untuk mengalihakn lalu lintas internet dari Eropa.

“Kami bicara mengenai keamanan data warga kami. Untuk itu kami meminta para provider untuk tidak mengirimkan email atau informasi apa pun melintasi Antlantik,” tegas Merkel.

Selain itu, Merkel juga beniat ingin membangun pusat kominikasi jaringan internal untuk masyarakat Eropa. Hal ini diharapkan bisa mencegah penyadapan yang dilakukan dari negara asing.

“Kami juga sudah bicara dengan Perancis mengenai apa yang bisa kami lakukan untuk mencegah pencurian data,” tambah Merkel.

Seperti dikutip detikINET dari Reuters, Senin (17/2/2014), pemerintah Perancis menyambut baik ide dari Jerman itu. Mereka sepakat bekerjasama untuk membuat jaringan Eropa aman dari mata-mata AS. Selain kedua negara itu Brasil dikabarkan juga akan melakukan langkah serupa.

Sumber : http://inet.detik.com/read/2014/02/17/101026/2499190/323/jerman-prancis-jaga-jarak-dari-internet-as